Mengenal Penyakit Mata Endoftalmitis, Penyebab, Gejala, Dan Pengobatanya

08.00
    Mengenal penyakit mata endoftalmitis, penyebab, gejala, dan pengobatanya. Endoftalmistis yaitu kondisi dimana seseorang mengalami peradangan pada mata bagian dalam, cairan dalam bola mata, bahkan bagian putih mata yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri, virus atau jamur. Penyakit ini sangatlah berbahaya, apabila tidak langsung ditangani kemungkinan dapat menyebabkan penurunan pada fungsi penglihatan atau bahkan dapat kehilangan bola mata itu sendiri.

Baca Juga : Amalan Agar Cepat Naik Haji

Penyebab terjadinya penyakit mata endoftalmitis

      Ada beberapa penyebab dari penyakit ini. Berikut beberapa penyebab terjadinya penyakit mata endoftalmatis:
1.    Disebabkan oleh trauma tembus atau efek dari pembedahan yang pernah terjadi pada bola mata.
2.    Terjadi infeksi akibat alat-alat pembedahan mata.
3.    Dapat juga disebabkan oleh infeksi dari bakteri yang masuk dari tempat lain area tubuh kita melalui aliran darah atau masuk secara langsung pada luka dibola mata.
4.    Jamur yang tumbuh didalam bola mata.

Baca Juga : resep diet hanya dengan meningkatkan metanolisme tubuh, sehat dan hasilnya memuaskan

Gejala dari penyakit mata endoftalmitis

    Untuk mengenali penyakit ini dan agar bisa menentukan tindakan apa yang harus diambil tentunya kita harus mengerti tanda-tanda atau gejala dari penyakit ini. Karena apabila kita sampai salah mengenali dan memberikan tindakan tentunya akan fatal akibatnya. Berikut tanda-tanda atau gejala dari penyakit mata endoftalmitis:
1.    Akan menimbulkan nyeri pada area mata, terutama pada bola mata.
2.    Mata akan mengelami penurunan fungsi penglihatan. Penglihatan akan sedikit kabur atau buram, untuk efek yang parah bisa menyebabkan kebutaan.
3.    Pada kelopak mata akan berwarna merah dan sedikit bengkak.
4.    Mata akan menjadi fotofobia atau peka terhadap pusat cahaya. Saat melihat cahaya akan menjadi sangat terang.
5.    Kornea keruh
6.    Bilik mata depan keruh
7.    Kelopak mata sukar dibuka atau lengket

Pengobatan dari penyakit mata endoftalmitis

    Mengingat endoftalmitis merupakan penyekit yang berbahaya dan darurat. Penanganan dan pengobatan yang tepat dan cepat harus diberikan. Karena apabila tidak segera ditangani akan menimbulkan masalah yang makin parah, bahkan bisa menyebebkan kehilangan bola mata dan kebutaan permanen. Pengobatan pada penyakit ini ditentukan pada faktor penyebabnya.
Bila penyakit mata ini disebabkan oleh adanya bakteri yang menyebabkan infeksi langkah yang paling efektif adalah dengan memberikan obat antibiotik untuk mata. Bisa berbentuk tetes tetes, pel oral, atau lewat intra vena. Bisa juga pengobatan dengan memberikan suntikan antibiotik secara langsung pada mata. Ini cara paling bagus, karena obat langsung dapat mencapai titik luka. Akan tetapi ini harus dilakukan oleh saran dokter dan dilakukan oleh dokter yang sudah profesional, karena sangat berbahaya apabila terjadi kesalahan.

Baca Juga : Hindari beberapa hal ini agar kulit kamu tetap bersih, putih dan bercahaya

    Dan apabila disebabkan oleh adanya jamur, maka langkah yang harus dilakukan adalah memberikan obat atau senyawa anti jamur untuk mata. Senyawa anti jamur antara lain seperti amphoterichin B dan fluconazol. Untuk ampeoterichin B adalah obat yang disuntikan langsung pada mata. Sekali lagi bahwa ini hanya boleh dilakukan oleh saran dokter dan hanya boleh dilakukan oleh dokter yang sudah profesional karena kesalahan kecil saja akibatnya sangat fatal. Untuk fluconazol adalah obat oral atau diminum langsung.
    Kedua cara diatas untuk penyakit endoftalmitis yang masih baru atau belum terlalu parah. Akan tetapi jika penyakit ini sudah parah atau akut, ditandai dengan infeksi pada mata yang sudah menyebar keseluruh bagian mata. Maka metode yang paling tepat adalah melakukan oprasi atau pembedahan (vitrectomy) yang bertujuan untuk pengambilan cairan dan juga nanah atau kotoran lainya yang menumpuk pada bola mata.
    Ini adalah penyakit yang sangat berbahaya, alangkah lebih baik jika anda mulai merasakan tanda-tanda atau gejala dari penyakit ini segera periksa kedokter. Dan dokter akan lebih tau langkah apa yang harus dilakukan. Karena dengan diberikan penanganan dengan segera dan penanganan yang tepat akan membuat penyakit ini bisa segera disembuhkan dan tidak menimbulkan masalah yang semakin parah.

Baca juga : Obat alami untuk menghilangkan bekas luka
   
    Itulah ulasan mengenai mengenal penyakit mata endoftalmitis, penyeban, gejala, dan pengobatanya. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Dan apabila masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf, terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔