Tips Tepat Merawat Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat

04.34

    Tips tepat merawat kesehatan mata agar tetap sehat. Hampir semua aktifitas yang kita lakukan membutuhkan mata. Dengan memiliki mata yang sehat dan dapat berfungsi normal sebagaimana mestinya tentunya kita dapat melakukan semua aktifitas dengan mudah dan tanpa terganggu. Ada banyak sekali penyakit atau masalah yang dapat menyerang mata kita apalagi dalam era elektronis saat ini, radiasi dari elektronik dapat menganggu kesehatan, selain itu juga kebiasaan yang tidak sehat yang dapat merusak mata. Ada banyak sekali gangguan pada mata kita seperti, rabun jauh, rabun dekat, katarak, konjungtivitas, buta warna dan masih banyak lagi Walopun penyakit mata masih didominasi oleh orang yang sudah lanjut usia, akan tetapi beberapa jenis penyakit mata tertentu juga sangat banyak dialami oleh remaja bahkan anak-anak, seperti rabun jauh dan rabun dekat.
Untuk itu agar tidak mengalami atau terserang penyakit-penyakit mata tersebut kita harus menjaga mata kita agar tetap sehat. Berikut adalah tips tepat merawat kesehatan mata agar tetap sehat.

Baca Juga : Amalan Agar Cepat Naik Haji

1.    Memberikan nutrisi yang cukup untuk mata
Utnuk menjaga mata tetap sehat salah satu caranya dengan memberikan nutrisi yang cukup untuk mata. Caranya dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan banyak mengandung vitamin A yang bagus untuk mata seperti, wortel, brokoli, minyak ikan, telur, dan berbagai sayuran dan buah-buahan lainya. Lain itu antioksidan yang terdapat pada buah dan sayuran dapat mencegah kerusakan pada mata.

2.    Jaga jarak pandang dan waktu didepan monitor elektronik
Radiasi yang terdapat pada monitor tv, komputer, hand pone, tablet, dan juga smart phone sangatlah tidak baik untuk kesehatan mata apabila mata kita terlalu lama memandanginya dan terlalu dekat. Untuk itu agar mata kita tetap sehat kita harus menjaga ketika sedang menonton tv atau berada didepan komputer agar tidak terlalu dekat. Selain itu jangan terlalu lama memandang layar monitor pada tv atau komputer, istirahatkan mata dengan memandang obyek yang jauh sejenak. Selain itu saat kita mengunakan hand pone atau smart phone agar tidak terus-terusan memandang layarnya karena akan membuat pusing dan merusak mata.

3.    Mengunakan cara yang tepat saat membaca
Sebaiknya jangan mengunakan penerangan yang terlalu redup saat belajar atau mebaca. Karena penerangan yang redup saat kita membaca dapat membuat mata tegang dan cepat lelah, akibatnya mata akan rusak. Selain itu saat kita membaca  Untuk itu apabila kita sedang membaca sebaiknya

4.    Istirahat mata
Jika anda terpaksa harus terus-terussan membaca buku atau berada didepan layar komputer, sebaiknya anda mengatur untuk mengistirahatkan mata untuk tidak terus-terusan memandang layar komputer. Usahakan terapkan aturan istirahat selama 20 detik dan memandang sejauh 20 meter atau lebih setelah 20 menit memandang layar komputer.

5.    Hindari kebiasaan mengucek mata
Saat mata gatal terkena debu atau asab kita sering mengucek mata kita dengan tangan tanpa mempedulikan apakah tangan kita bersih atau tidak. Padahal apabila saat kita mengucek mata dan tangan kita kotor, kotoran itu dapat mengotori mata dan membuat infeksi. Selain itu apabila mata perih atau gatal karena debu bila dikucek malah membuat debu bergesekan dengan struktur mata bagian luar dan dapat mengakibatkan luka. Untuk itu hindari kebiasaan tersebut, saat mata kita gatal atau perih sebaiknya mencuci muka dengan air bersih.

6.    Jangan gunakan kaca mata sembarangan
Kita semua tau bahwa banyak sekali kaca mata yang dijual bebas, dan lensa yang digunakan belum tentu bagus untuk mata kita. Dan apabila kita mengunakan kaca mata yang tidak sesuai malah hanya akan membuat mata kita tambah rusak. Setiap orang tentunya memiliki struktur mata yang berbeda, sehinga membutuhkan kaca mata yang berbeda. Untuk itu sebaiknya apabila ingin mengunakan kacamata negatif atau positif sebaiknya hubungi dokter. Karena tentunya dokter mengetahui kaca mata yang pas untuk mata kita.

7.    Rutin cekup
Ini mungkin langkah yang wajib untuk merawat kesehatan mata kita. Karena dengan rutin cekup kita bisa mengetahui bagaimana perkembangan dari mata kita. Dan apabila mulai terdapat masalah tentunya bisa langsung diketahui dan ditangani dengan benar. Untuk itu rajinlah cekup agar kita bisa mendapatkan mata yang sehat dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Itulah ulasan tentang tips tepat merawat kesehatan mata agar tetap sehat. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Dan apabila masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf, terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔